Menu

Jumat, 27 September 2013

PU komputer untuk banyak monitor

CPU komputer untuk banyak monitor
Kebutuhan komputer untuk dunia pendidikan maupun dunia kerja sudah menjadi kebutuhan primer. Banyak upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan penggunaannya dan upaya pengematannya. Diantaranya upaya menghemat investasi awal, lisensi maupun biaya operasional lainnya termasuk kebutuhan listrik.

Banyak rekan di milis yang menanyakan caranya. Salah satu yang semakin mengerucut bagaimana jika 1 komputer digunakan untuk 2 atau bahkan 30 user sekaligus. Lebih populer sebagai PC Cluster.

Dengan hanya menggunakan 1 CPU tetapi dibagi  untuk 2 - 30 tampilan monitor, keyboard dan mouse. Masing-masing bekerja sendiri dan tidak saling bertabrakan. Artinya ketika User1 bekerja pada monitor 1 maka tidak mengganggu kerja User2 yang bekerja pada monitor 2 dan seterusnya.

Dengan kondisi ini kebetulan penulis sudah  mencoba sendiri beberapa teknologi yang bisa dilakukan.

Ada 2 cara yakni dengan cara hardware dan cara  software.

Dengan Cara Hardware:
Kita membutuhkan 1 CpU dan beberapa monitor, keyboard dan mouse sesuai jumlah yang kita inginkan. Dari CPU induk ditarik kabel (bisanya kabel UTP) ke Switch Hub lalu ditarik kabel ke masing-masing station. Pada masing-masing station kita mesti menambahkan 1 unit alat yang berfungsi untuk mengubungkan monitor, keyboard, mouse, speaker dan komponen USB. Jika kita menginginkan membagi menjadi 30 station maka kita membutuhkan 30 alat juga.

Kelebihan pc cluster secara hardware ini adalah konfigurasinya relatif mudah, bisa dibagi sampai dengan 30 station, jaraknya bisa sampai 50 meter. Tapi sayangnya hanya bisa menjalankan program aplikasi kantoran seperti Microsoft Office atau Open Office saja. Untuk menjalankan grafis dua demensi saja nyaris tidak bergerak apalagi aplikasi yang lebih berat.

Produk hardware ini cukup banyak ditributor yang menawarkan.

Dengan Cara Software:
Cara yang kedua ini kita membutuhkan 1 CPU untuk dibagi hanya maksimal sesuai kemampuan motherboard bisa dipasang kartu VGA untuk tampilan ke monitor. Jika motherboard hanya bisa dipasang sampai 3 atau 4 kartu VGA untuk kemonitor maka hanya sejumlah itu saja station yang bisa dipasang.

Membagi dengan cara software lebih mudah diterapkan untuk membagi jumlah 3-4 station. Perangkat yang digunakan juga lebih mudah didapatkan, karena cukup menambah kartu VGA, keyboard, mouse dan monitor sesuai kebutuhan. Selain itu kita bisa menjalankan aplikasi apapun yang kita inginkan. Jika terasa berat tinggal tambahkan memory. Untuk menjalakannya kita cukup download softwarenya dan instal. Buat pemula cara software mungkin terasa agak rumit.

Produk Software ini cukup banyak tersedia di internet. Jika ingin mencobanya dulu bisa download lalu diinstall dan setting.

Selamat mencoba. Jika menginginkan informasi tambahan silahkan hubungi kami. Atau tambahakan pada komentar dibawah.