Menu

Jumat, 10 Januari 2014

Mengetahui Kapasitas dan Kesehatan Baterai Notebook dan Merawat Baterai Notebook


Bagaimana Cara Mengetahui Kapasitas dan Kesehatan Baterai Notebook


B
aterai adalah salah instrumen yang penting dalam notebook kita, karena tanpa baterai, notebook kehilangan kapasitas mobile yang menjadi salah satu keunggulan notebook.
Akan tetapi baterai mempunyai umur yang dihitung dalam istilah teknologi adalah cycling. Cycling adalah saat kita mengisi ulang daya baterai kita dalam keadaan kapasitas di bawah 30% sampai 100%. Kita bisa mengetahui kadar keausan atau masih bagusnya tidak baterai notebook kita dengan melihat wear level.
Ada beberapa cara kita bisa mengetahui kapasitas dan wear level baterai kita.

Cara Pertama : Memakai aplikasi Battery Care

Aplikasi ini bisa diunduh di pranala http://batterycare.net/files/SetupBatteryCare.zip.
BatteryCare
Aplikasi Battery Care memberikan informasi yang detil mengenai
  • kapasitas asli baterai notebook kita;
  • kesehatan baterai notebook kita (wear level);
  • notebook kita memakai berapa watt baik saat terisi ulang daya(charge) atau tidak sedang diisi ulang daya (discharge) (charge/discharge rate);
  • berapa kali kita mengisi ulang daya notebook kita dengan baterai dibawah 30 % (total discharge rate).
Dari gambar diatas kita bisa melihat bahwa notebook penulis yang menggunakan Asus A46cm menghasilkan pengukuran sebagai berikut :
  • kapasitas baterai 44250 mWh
  •  wear level mencapai 3%
Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa baterai notebook tersebut masih dalam keadaan bagus dikarenakan wear level-nya belum mencapai 50 %.
Akan tetapi wear level selalu berfluktuasi antara +- (1-2)%, dan salah satu kelemahan aplikasi ini adalah kita harus merestart aplikasi tersebut untuk mendapatan hasil yang terkini.

Cara Kedua: Menggunakan Power Efficiency Diagnostics Report di Windows 7

Dengan cara ini kita bisa mengetahui efisiensi baterai kita, menganalisis dan memberikan laporan kepada pengguna tentang efisiensi energi dan kesalahan yang terjadi pada baterai kita.
1. Buka command prompt sebagai administrator, yaitu dengan cara klik start , all program, accessories, di command prompt klik kanan pilih run as administrator.
openprompt
2. Pada menu command prompt masukan perintah sebagai berikut:
powercfg -energy -output %USERPROFILE%\Desktop\Energy_Report.html
Anda bisa merubah file hasil output ke dalam folder yang ada inginkan sebagai contoh:
powercfg -energy -output "C:\Full Path\Energy_Report.html"
cmdpromt
3. Buka file hasil keluaran yang dijalankan di folder tujuan anda(misal pada contoh diatas C:\Full Path\Energy_Report.html)
Dalam file hasil keluaran notebook penulis didapatkan hasil kesehatan baterai sebagai berikut :
resultbaterai
Bisa dilihat diatas bahwa design capacity baterai adalah 44250 dan hasil terakhir full charge adalah 41910 maka didapatkan kapasitas baterai berkurang 44250-41910 = 2340 atau berkurang 5,3 %. Hasil cara pertama dan cara kedua akan berbeda dikarenakan masing-masing mempunyai metode-metode sendiri untuk menghitung kapasitas baterai dan wear level.

Merawat Baterai Notebook

Cara merawat baterai diketahui ada dua cara yang diketahui, yaitu ketika sudah full charge harus dicabut charger-nya untuk merawat baterainya, dan dilain pihak ada yang beranggapan tidak perlu dicabut dikarenakan bila sudah 100 % maka otomatis daya akan bypass langsung dari charger ke power supply di notebook dan tidak melalui baterai lagi.
fullcharge
Bila dilihat dari aplikasi Battery Care yang dipakai penulis, dengan kapasitas baterai 100 % dan charger masih menempel di notebook. Dalam charge/discharge rate didapatkan hasil 0 W, charger tidak memberikan pasokan listrik sama sekali ke baterai notebook. Penulis memakai notebook Asus yang mempunyai teknologi bila baterai notebook sudah 100% atau diatas 95 % maka pada indikator baterai di notification bar sebelah kiri bawah layar komputer penulis akan didapatkan hasil plugged in not charging. Tentu saja masing-masing brand notebook mempunyai keunikan dan teknologi yang dipakai untuk menarik minat pembeli.
batt

Kalibrasi Baterai

Sebulan sekali disarankan untuk melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai diperlukan untuk kesehatan baterai dan menemukan kapasitas asli baterai yang kita pakai sekarang.
Cara untuk melakukan kalibrasi adalah:
  • Charge baterai anda sampai 100 %.
  • Biarkan baterai dalam kondisi full charge selama 2 jam untuk mendinginkan baterai notebook anda, anda bisa memakai notebook anda dalam periode ini.
  • Cabut charger anda dan atur komputer untuk melakukan hibernate dalam kapasitas baterai 5 %, bila tidak bisa 5 % maka pilihlah metode paling minimum, akan tetapi jangan sampai dibawah 5 %.
  • Silakan anda pakai notebook anda sampai notebook dalam keadaan hibernate
  • Ketika komputer sudah masuk ke dalam mode hibernate, biarkan komputer selama 2 jam untuk memastikan notebook dalam keadaan shutdown.
  • Masukan charger kembali ke dalam notebook dan tunggu sampai 100 %. Anda bisa memakai notebook anda dalam keadaan ini.
Di saat anda sudah melakukan kalibrasi maka bisa dilihat kapasitas wear level baterai anda sudah berapa persen.
Semoga berguna.